Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurang Tidur Bikin Kemesraan Berkurang

Kompas.com - 13/03/2010, 09:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ternyata ada kaitan tidak langsung antara kualitas tidur dan kemesraan seseorang dengan pasangannya. Hubungan yang mesra dengan pasangan akan memengaruhi kualitas tidur. Demikian pula sebaliknya, pola tidur akan berpengaruh pada hubungan kita dengan pasangan.

Bagi pria, tidur yang berkualitas berkaitan dengan kualitas hubungan yang positif dengan pasangannya. Sedangkan untuk wanita, hubungan yang kurang mesra bisa mengganggu tidurnya.

"Bila kita melihat data hari per hari, ada semacam siklus pengaruh tidur pada hubungan seseorang dengan orang yang dicintainya, demikian pula sebaliknya," kata ketua peneliti Brant Hasler, kandidat doktoral psikologi dari University of Arizona.

Kebutuhan tubuh akan tidur sejak lama diketahui bermanfaat untuk ketahanan fisik dan kestabilan emosi. Itu sebabnya, para ahli menyarankan agar setiap pasangan sebaiknya menghindari diskusi yang bisa mengarah pada perselisihan saat mereka merasa kurang tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com